Senin, 05 Maret 2012

Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Kerja Pada Era Globalisasi

Pendahuluan (Potensi Teknologi Informasi)

Globalisasi yang mencerminkan aspek dari teknologi informasi yang merupakan bagian dari IPTEK telah membawa bangsa Indonesia pada suatu perubahan peningkatan kualitas semua sektor baik ekonomi, sosial, serta politik. Salah satunya Indonesia menjadi peserta penuh dalam pasar terbuka saat berlakunya Asean Free Trade Area pada tahun 2003 dan Asia Pasific Economic Cooperatif tahun 2020 yang menyebabkan liberalisasi perdagangan yang memicu persaingan ketat antara kesatuan-kesatuan ekonomi di dunia. Untuk itu diperlukan adanya sumber daya manusia yang profesional dan mampu berkomunikasi, memahami perkembangan teknologi, sehingga mampu berkompetisi, beradaptasi ditengah perubahan yang sangat cepat. Kondisi semacam ini menjadi tantangan baru dalam dunia kerja untuk memiliki SDM yang memiliki keahlian serta mampu bersaing melalui perkembangan teknologi informasi dalam dunia kerja.

Dengan menggelindingnya AFTA 2003, sumber daya manusia Indonesia dituntut harus berkualitas, maju, progresif dan profesional, karena di era Globalisasi sumberdaya manusia baik wanita maupun pria harus mampu mengembangkan, memanfaatkan serta mengelola ilmu pengetahuan dan teknologi moderen. Di era ini semua dituntut dinamis, selalu siap menerima teknologi informasi baru dan mampu mengadaptasi dan menyesuaikan diri dengan situasi baru.

Saluran Media Teknologi Informasi

Dengan adanya perkembangan dibidang teknologi informasi akan membantu dalam mengakomodasikan segala informasi mengenai perkembangan informasi yang semakin hari semakin maju serta meningkat seiring dengan perkembangnya pertumbuhan akan kebutuhan manusia yang semakin meningkat.

Peranan teknologi informasi dalam dunia kerja mampu memberikan andil yang besar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian bangsa melalui pengembangan kewirausahaan dalam memanfaatkan industri teknologi informasi. Teknologi informasi telah menghasilkan sebuah dinamikan baru dalam bidang industri yang disebut industri teknologi informasi. Industri ini memiliki potensi pangsa pasar yang sangat besar dan bahkan menciptakan pola bisnis baru. Setiap negara di dunia mencoba untuk mengambil porsi dari pasar industri teknologi informasi ini. Meskipun ada potensi yang demikian besar, karena pasar industri teknologi informasi ini akan mengalami penurunan secara drastis yang ditandai dengan turunnya saham-saham pada industri teknologi informasi, dan dibutuhkan keahlian dalam menjalani aktivitas yang berhubungan dengan industri teknologi informasi.

Keahlian dalam menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan teknologi informasi harus dibarengi dengan tambahan informasi mengenai teknologi itu sendiri sehingga dapat diantisipasi mengenai pemanfaatan serta peranan industri teknologi informasi dalam memaksimalkan potensi SDM untuk mengembangkan serta menciptakan lapangan kerja baru yang memiliki cakupan yang luas serta berhubungan dengan teknologi moderen.

Teknologi informasi memiliki jangkauan yang cukup luas dalam meningkatkan sumber daya manusia, dengan menghasilkan usaha/bisnis yang berhubungan dengan dunia industri teknologi informasi, antara lain industri perangkat lunak (software, database), perangkat keras (hardware) serta bisnis-bisnis lain yang berhubungan dengan dunia informasi teknologi.

Sebenarnya ada hal yang mendasar dalam proses perkembangan informasi teknologi yakni kegagalan dalam jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia yang mungkin disebabkan hal lain yang lebih mendasar, yaitu hambatan kultur. Misalnya penyajian informasi teknologi ini salah satunya melalui internet, sebagaian besar penduduk Indonesia, apakah memiliki kebutuhan akan informasi seperti internet? Sebagian besar bahkan hampir 65% penduduk Indonesia yang tinggal diperkotaan atau yang sangat memerlukan media ini menjawabnya “Ya” sangat membutuhkan. Dengan adanya sistem informasi dan infrastruktur telekomunikasi yang ada saat ini saja kebutuhan akan informasi dari sebagian besar penduduk Indonesia sudah tercukupi. Namun ada kalanya sebagian dari penduduk Indonesia yang kurang tahu atau tersentuh akan teknologi informasi ini.

Infrastruktur Teknologi Informasi

Sistem informasi dan infrastruktur telekomunikasi meskipun minimal, namun masih membutuhkan informasi tertentu sehingga kadang diperlukan informasi yang lebih yang dapat diakses melalui internet. Jenis informasi apa yang dibutuhkan oleh sebagian penduduk Indonesia yang menginginkan informasi “lebih” guna mendapatkan kepastian akan bisnis baru atau perkembangan baru dibidang teknologi informasi. Informasi tentang perkembangan dunia politik, ekonomi, serta budaya, pendidikan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Perkembangan dunia pendidikan akan informasi dari luar negeri yang kadang membuat mereka sangat memerlukan internet sebagai media dalam berkomunikasi. Tentunya mereka tertarik untuk berkomunikasi dengan anak atau keluarga yang ada atau bekerja diluar negeri baik yang biaya sendiri atau mendapatkan beasiswa dari luar negeri yang hanya dapat diakses melalui internet, untuk sekedar menanyakan apakan keadaan mereka baik-baik saja atau adanya info-info lain yang tentunya menarik dan berbobot.

Penyajian Informasi via Internet

Kebutuhan primer masyarakat Indonesia yang berhubungan dengan informasi adalah telepon dan internet. Dimana telepon dan internet ini harus pada masing-masing tempat atau wilayah disajikan sesuai dengan selera atau kultur setempat. Dalam dunia informasi perlu adanya kebutuhan primer informasi akan bentuk penyajian yang sederhana mungkin sehingga masyarakat luar dapat mengakses secara lebih mudah, cepat serta mengeluarkan biaya yang relatif rendah.

Dalam dunia internet, kita dapat mencari apa yang menjadi kebutuhan kita guna mengakses segala informasi yang ada sehingga apa yang kita inginkan tinggal melihat dan mencopinya dalam disket untuk kemudian informasi tersebut kita olah menjadi masukan data atau makalah yang penting dan berguna bagi masyarakat luas atau sebagai acuan kemana kita akan melangkah atau mendapatkan informasi mengenai lowongan perkerjaan atau bisnis baru yang lain yang ditawarkan dalam internet.

Internet khususnya world wide web dan e-mail, merupakan cerminan dari kultur yang ada dalam teknik baca tulis yang ada di Indonesia. Sementara kultur yang ada pada orang Indonesia tidak terlalu dominan, karena orang Indonesia lebih senang berkomunikasi secara verbal. Ini disebabkan karena orang Indonesia masing banyak yang buta huruf atau belum bisa membaca sehingga dibutuhkan adanya komunikasi yang menggunakan simbol-simbol tertentu. Sedangkan dalam kehidupan orang Barat “internet” merupakan makanan sehari-hari dan sangat natural dengan kultur Barat. Jika dalam saluran internet dengan kemampuan broadband dan multimedia, aplikasi yang populer di negara Barat adalah aplikasi distance learning (tele-education). Sementara itu, jika fasilitas yang sama tersedia di Indonesia, fasilitas ini akan digunakan untuk informasi mengenai dunia hiburan misalnya nonton sepak bola atau racing formula 1.

Ketersediaan Informasi

Banyak sekali orang Indonesia mulai tertarik pada internet untuk mengakses informasi, maka masalah selanjutnya adalah ketersediaan informasi. Informasi di internet untuk masyarakat Indonesia belumlah banyak, untuk orang dewasa yang mencari informasi sesaat, ada banyak situs berita misal detik.com, mweb.co.id, Kompas, Tempo, www.friendster.com, www.myspace.com, www.ringo.com, dan sejenisnya. Namun informasi untuk anak-anak SMU, SMP, SD belumlah banyak atau bahkan dapat dikatakan tidak ada. Situs ini biasanya bersifat hura-hura atau entertaiment atau cating cari temen dalam dunia “maya”. Belum banyak situs yang menampilkan informasi mengenai pelajaran atau referensi masalah dunia pendidikan.

Dengan melihat keterbatasan informasi yang ada dalam dunia internet diharapkan adanya perkembangan yang lebih baik lagi mengenai ketersediaan informasi yang ada yang berhubungan dengan pendidikan serta jalur dunia kerja yang sesuai dengan bidang ilmu yang ada dalam masa pendidikan. Masih banyaknya jenis informasi lain yang dibutuhkan orang banyak, atau setidaknya orang Indonesia butuhkan. Jika kita ingin membuat atau mengajak orang untuk menggunakan internet, ke mana mereka akan surfing? Tanpa ada berbagai inisiatif dari beberapa pihak, terutama individu-individu usaha membuat pusat akses informasi menjadi lebih efektif.

Internet merupakan salah satu media bagi anak sekolah atau remaja pada umumnya untuk mencari informasi yang seluas-luasnya baik mengenai perkembangan dunia, industri, musik, ekonomi, sosial, pendidikan serta hiburan atau hanya sekedar mencari teman bergaul atau bersahabat dengan orang lain melalui media ini baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan adanya ketersediaan informasi melalui teknologi elektronika yakni melalui internet diharapkan kita dapat mengakses segala data yang berguna untuk peningkatan pengamalan serta pengetahuan yang ada untuk meningkatkan kemampuan (skill) kita dalam dunia nyata (kerja).

Teknologi Informasi Bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia

Perkembangan teknologi informasi (Information Technologi, IT) sangat memacu kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal. Sumber daya ini bisa dilihat dari banyaknya orang Indonesia yang mau untuk menggali potensi yang ada dalam diri mereka melalui perkembangan yang dapat diakses dalam internet.

Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang jumlahnya sangat banyak ini dibutuhkan kerjasama antara institusi pendidikan formal (perguruan tinggi, sekolah) dan pendidikan non formal (profesional training center). Pendidikan formal melalui perguruan tinggi tidak mampu menghasilkan jumlah SDM yang banyak, dan juga kurikulumnya tidak dapat berubah secara cepat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Padahal, perkembangan dunia teknologi informasi (khusunya yang terkait dengan internet) sangat pesat. Oleh karena itu dibutuhkan adanya lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi penghasil SDM profesional yang saat ini sangat dibutuhkan.

Bidang teknologi informasi memiliki rentang bidang yang cukup luas. Dimana latar belakang kebutuhan pendidikan pun bervariasi dan banyaknya pekerjaan yang membutuhkan banyak inovasi (perubahan) dan teori yang membutuhkan latar belakang formal di perguruan tinggi. Akan tetapi, ada pula pada bidang-bidang tertentu yang berhubungan dengan teknologi informasi tidak membutuhkan pendidikan perguruan tinggi dan dapat dilakukan oleh lulusan setingkat SMU/SMK, atau diploma.

Adanya standar kompentensi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk menilai kemampuan (skill) calon pegawai atau pegawainya. Adanya inisiatif dalam membuat standar ini masih sangat dibutuhkan karena masih banyaknya permasalahan seperti beragamnya standar yang harus diuji kelayakan serta disosialisasikan pada khalayak umum atas batasan-batasan standar dalam kompetensi teknologi informasi ini. Misalnya Australia National training Authority, untuk strandar PPAUME ITB beserta AP JLL mengambil inisiatif untuk membuat sebuah standar sertifikasi di bidang teknologi informasi yang terkait dengan internet.

Dimana standar dan sertifikasi yang ada di Indonesia dapat dilakukan oleh badan yang resmi dari pemerintah atau dapat juga mengikuti standar sertifikasi di industri, yang sering juga vendor certification. Untuk contoh yang terakhir (vendor certification), standar industri seperti sertifikat Microsoft atau Cisco merupakan standar sertifikasi yang diakui diseluruh dunia. Pada standar ini dikeluarkan oleh perusahan bukan badan sertifikasi pemerintah, pada intinya industrilah yang mengetahui standar yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Standar PPAUME & AP JLL bersifat terbuka dan dapat digunakan oleh siapa saja, mirip dengan TOEFL dimana banyak kursus dan lembaga yang mengerjakan materi TOEFL akan tetapi hanya ada satu ujian TOEFL, dalam hal ini hanya ada satu standar unjian sertifikat PPAUME & AP JLL.

Aspek Sumber Daya Manusia (SDM) Dunia Pendidikan melalui Teknologi Informasi

Tujuan pendidikan menurut SK Mendiknas tahun 2001 bukan hanya menyiapkan tenaga-tenaga kerja yang siap pakai saja tetapi juga tenaga-tenaga terampil yang siap membuka usaha mandiri dan dapat membuka lapangan kerja. Pada hakikatnya untuk mencapai semua itu peranan teknologi informasi dalam dunia kerja pada era globalisasi sangat berpengaruh dalam menemukan kemampuan dan keahlian dibidang tertentu bagi mahasiswa yang telah lulus atau lulusan SMU yang langsung ingin bekerja. Lapangan pekerjaan yang ada semakin menyempit, sedangkan jumlah lulusan yang ingin mengisi lapangan pekerjaan semakin meningkat. Hal ini disebabkan krisis moneter hingga kini saat ini belum sepenuhnya pulih.

Sekarang ini peranan teknologi informasi dalam dunia kerja sangat penting karena dengan menghasilkan informasi lebih cepat serta informasi yang ada lebih akurat, dengan proses perkembangan dan dimana sistem informasi dan teknologi informasi sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sebuah organisasi baik swasta maupun pemerintah. Bahkan untuk memenangkan persaingan yang bersifat global akan kemampuan dan keahlian yang ada pada masing-masing individu untuk masuk dalam dunia kerja maka diperlukan adanya sistem informasi teknologi sebagai pendukungnya.

Dalam cakrawala baru akan teknologi informasi yang kini bermanfaat yang mengarah pada dunia masa datang. Terlihat bahwa pendidikan yang ada di Indonesia masih sedikit dalam menghasilkan sarjana-sarjana/lulusan-lulusan Sekolah Menengah Umum atau yang Kejuruan yang memiliki keahlian yang berpotensi untuk mengembangkan atau membuat usaha dengan berwirausaha atau membuka lapangan kerja baru.

Sistem pendidikan nasional dan perguruan tinggi untuk saat ini kurang dapat menghasilkan keluaran manusia yang siap untuk bersaing dalam menciptakan lapangan kerja sendiri. Ini berarti bahwa seorang lulusan baik SMA maupun sarjana harus mampu mendapatkan informasi yang lebih akan perkembangan baik bidang teknologi dan dunia kerja yang mengharuskan seorang lulusan mampu untuk membaca situasi yang ada yang sedang berkembang dengan menyerap informasi baik dari media massa maupun media elektronika.

Pentingnya Penguasaan Teknologi Informasi dalam Dunia Kerja melalui Internet

Ada berbagai jenis pekerjaan di bidang teknologi informasi, pengelompokan yang ada tergantung pada acuan yang digunakan akan tetapi ada hal yang sama. Salah satu cara untuk melihat lapangan pekerjaan di bidang teknologi informasi adalah dengan menanyakan kepada industri teknologi informasi atau mengambil data lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Masing-masing dari bidang yang ada dalam teknologi informasi memiliki kebutuhan kompetensi yang berbeda-beda yang dilihat dan didemonstrasikannya kemampuan (skill) yang antara lain adalah kemampuan mengoperasikan perangkat keras, administer konfigurasi sistem operasi yang mendukung network, mengelola sumber network security, monitor & administer database, digital image, web multimedia, perangkat lunak, internet. Selain memiliki kompentensi di bidang teknologi informasi diharapkan seorang pelaku atau orang yang ingin mengembangkan peluang ini juga memiliki pengetahuan tambahan yang juga berkaitan dengan bidang teknologi informasi yang antara lain dasar perangkat keras, memahami organisasi dan arsitektur komputer, dasar-dasar telekomunikasi, perangkat keras, internet.

Sebagian orang, tanpa bermaksud mengeneralisir terutama yang sudah dewasa atau tingkat aktivitas orang semakin tinggi, sebagian melihat internet sebagai sesuatu yang konsumtif dan tidak bermanfaat. Pandangan inin sah-sah saja untuk mereka, akan tetapi kita berharap sebagian lain dari orang berharap bahwa pandangan ini tidak menghambat keinginan siswa/mahasiswa atau remaja pada umumnya untuk menguasai cara menggunakan internet yang pada dasarnya sebagian dari mereka adalah generasi masa datang yang akan memimpin Indonesia.

Saat ini mereka harus dihadapkan pada globalisasi dimana ketika mereka lulus, mereka harus berhadapan atau bersaing dengan lulusan dari berbagai elemen lembaga lain atau bahkan dari negara lain.

Kemampuan dalam menggunakan sebuah teknologi yang sudah umum merupakan suatu keharusan. Bayangkan apabila anda mencoba menerima pekerjaan baru dan ternyata pekerjaan tersebut tidak mampu menggunakan telepon. Ada suatu perintah “Tolong teleponkan Pak Anwar” kemudian dijawab dengan “maaf pak saya tidak bisa pake telepon”. Kemampuan dalam menggunakan telepon merupakan sebuah kemampuan (skill) yang harus dimiliki saat ini. Agak aneh memamg seseorang tidak dapat menggunakan telepon untuk era saat ini. Begitu juga kemampuan lain dalam menggunakan electronic mail (e-mail, faxcimili, website) merupakan skill yang standar, kadang aneh memang jika ada seseorang tidak tahu bagaimana cara mengirim e-mail padahal cara yang satu ini merupakan cara yang gampang dan mudah serta cepat dalam mengirim informasi.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi sekarang ini menuntut kita harus selalu mengikuti trend teknologi informasi sekarang dan yang akan datang. Implikasi yang nyata yang dirasakan dari percepatan penguasaan teknologi informasi yang ada didalamnya, telah kita rasakan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu kita sangat menyadari bahwa peranan teknologi informasi dalam dunia kerja pada era globalisasi akan mengantisipasi dan membekali diri kita dengan ilmu-ilmu teknologi informasi yang diharapkan dapat menyebarkan ilmu pengetahuan ke masyarakat luas serta berguna bagi perkembangan dunia pada peningkatan teknologi informasi yang ada di Indonesia.

2 komentar: