PELATIHAN PEKERTI ANGKATAN KE - III
KOPERTIS WILAYAH VII JAWATIMUR
Madiun, 14 – 18 Mei 2013
Oleh:
NUR DEWI SETYOWATI, S.Sos, M.Si
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MERDEKA MADIUN
TAHUN 2013
Tugas 1
Taksonomi Dan Tujuan Instruksional
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,. M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Semester/bobot : VI / 3 SKS
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mengenal ruang lingkup komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan.
Kompetensi Dasar : 1. Mampu menjelaskan Terminologi Dan Sistematika Komunikasi Pembangunan.
2. Mampu menjelaskan Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan.
3. Mampu menjelaskan Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia.
4. Mampu menjelaskan Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal.
5. Mampu menjelaskan Komunikasi Dan Pembangunan.
6. Mampu menjelaskan Media Massa Dalam Demokratisasi Komunikasi Pembangunan.
7. Mampu menjelaskan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan.
8. Mampu menjelaskan Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan.
9. Mampu menjelaskan Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan.
10. Mampu menjelaskan Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan.
11. Mampu menjelaskan Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial.
Tugas 2
Analisis Instruksional
MATA KULIAH : KOMUNIKASI SOSIAL DAN PEMBANGUNAN
SK :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa semester VI program studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Madiun diharapkan mahasiswa mampu mengenal ruang lingkup komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan dalam proses pembangunan suatu wilayah atau daerah menentukan seorang (Publik Relation, konsultan) komunikan dalam bidang pembangunan. (C4)
|
|
14 Menganalisis komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan dalam proses pembangunan suatu wilayah atau daerah menentukan seorang (Publik Relation, konsultan) komunikan dalam didang pembangunan (C4)
|
|
|
Tugas 3
Teori Belajar Dan Motivasi
Teori belajar :
- Behavorism: perubahan tingkah laku
Pendekatan :
- Sudut pandang guru/dosen terhadap proses pembelajaran
- Teacher-centered approach, student-centered approach, dan material -centered approach
Model :
- Representasi realitas yang disajikan dengan struktur & urutan tertentu (RPP dan Silabus)
Strategi :
- Rencana Kegiatan (RPP dan Silabus)
Metode :
- Cara untuk melaksaanakan strategi dalam mencapai sesuatu (prosedural)
Teknik :
- Jalan atau alat untuk mencapai sesuatu (Implementatif)
Aplikasi/Implementasi :
a. Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasi “entry behavior” mahasiswa (pengetahuan awal mahasiswa)
b. Menentukan materi pelajaran (pokok bahasan, topik)
c. Memecah materi pelajaran menjadi bagian kecil-kecil (sub pokok bahasan, sub topik)
d. Menyajikan materi pelajaran
e. Memberikan stimulus berupa:
- pertanyaan
- tes
- latihan
- tugas-tugas
f. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan
g. Memberikan penguatan/reinforcement (positif ataupun negatif)
h. Memberikan stimulus baru
i. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan (mengevaluasi hasil belajar)
j. Memberikan penguatan
Tugas 4
Rencana Pembelajaran : Silabus Dan Rpp
SILABUS MATA KULIAH
PROGRAM STUDI : ILMU KOMUNIKASI
MATAKULIAH : KOMUNIKASI SOSIAL DAN PEMBANGUNAN
KODE MATAKULIAH : BB 207
BOBOT SKS : 3 SKS
SEMESTER : VI
MATAKULIAH PRASYARAT : -
STANDAR KOMPETENSI : Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mampu mengenal ruang lingkup komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan dalam proses pembangunan suatu wilayah atau daerah menentukan seorang (Publik Relation, konsultan) komunikan dalam bidang pembangunan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok dan Sub Pokok Bahasan
|
Pengalaman Belajar/Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Media yang diperlukan (Alat/Bahan/ Sumber Bacaan)
|
Jenis Evaluasi (Penilaian)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Menjelaskan Pengertian Terminologi dan sistematika komunikasi pembangunan
|
1. Mengambarkan masalah pokok pembangunan dalam pengertian komunikasi.
2. Mendeskripsikan Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
3. Mendeskripsikan Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
|
Terminologi Dan Sistematika Komunikasi Pembangunan
1. Uraian Pembangunan dalam pengertian komunikasi.
2. Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
3. Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
|
1. Ceramah
2. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan.
3. Menjelaskan RPP dari awal pertemuan sampai akhir (14 x pertemuan).
4. Mendifinisikan Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
5. Menguraikan Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
6. Diskusi
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Minggu Ke 1
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab I
|
Non test
|
2
|
Menjelaskan Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan
|
1. Mendeskripsikan Pengertian konsep dasar awal pembangunan.
2. Mendeskripsikan pembangunan.
3. Mendeskripsikan Paradigma awal pembangunan.
|
Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan
1. Pengertian konsep dasar awal pembangunan.
2. pembangunan.
3. Paradigma awal pembangunan.
|
1. Ceramah
2. Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya
3. Mendefinisikan konsep dasar awal pembangunan.
4. Menguraikan pembangunan & Pengertian awal pembangunan.
5. Diskusi
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu Ke 2
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab I
|
Non test (tugas)
|
3
|
Menguraikan Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia
|
1. Menjelaskan Pengertian Permasalahan Pembangunan.
2. Menjelaskan Kemiskinan di pedesaan.
3. Menjelaskan IDT,GKD, Urbanisasi.
4. Menjelaskan Pemberdayaan Masyarakat & Kemandirian.
5. Menjelaskan Pembangunan Politik Indonesia.
6. Menjelaskan Pendidikan Politik Bangsa.
7. Menjelaskan Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
8. Menjelaskan Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia.
|
Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia
1. Permasalahan Pembangunan.
2. Kemiskinan di pedesaan.
3. IDT,GKD, Urbanisasi.
4. Pemberdayaan Masyarakat & Kemandirian.
5. Menjelaskan Pembangunan Politik Indonesia.
6. Pendidikan Politik Bangsa.
7. Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
8. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia.
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Pengertian Permasalahan Pembangunan.
3. Menguraikan Kemiskinan di pedesaan, IDT,GKD, Urbanisasi.
4. Mendefinisikan Pemberdayaan Masyarakat & Kemandirian.
5. Menjelaskan Pembangunan Politik Indonesia.
6. Menjelaskan Pendidikan Politik Bangsa.
7. Menguraikan Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
8. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia
9. Diskusi
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 3
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II &III
|
Non test
|
4
|
Menjelaskan Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal
|
1. Penjelasaan Konsep awal dan Pembangunan.
2. Penjelasan Pembangunan Sebagai Pertumbuhan.
3. Penjelasan Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi.
4. Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan.
|
Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal
1. Konsep awal dan Pembangunan.
2. Pembangunan Sebagai Pertumbuhan.
3. Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi.
4. Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan.
|
1. Ceramah
2. Menjelaskan Penjelasaan Konsep awal dan Pembangunan.
3. Menguraikan Penjelasan Pembangunan Sebagai Pertumbuhan.
4. Mendefinisikan Penjelasan Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi.
5. Mendefinisikan Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan
6. Diskusi
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 4
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab II
|
Non test
|
5
|
Menguraikan Komunikasi Dan Pembangunan
|
1. Menjelaskan Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Menjelaskan Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Menjelaskan Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan.
|
Komunikasi Dan Pembangunan
1. Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan.
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Penjelasaan Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
3. Mendefinisikan Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
4. Mendefinisikan Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 5
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab III & IV&V
|
Non test
|
6
|
Menguraikan
Media Massa Dalam Demokratisasi Komunikasi Pembangunan
|
1. Menjelaskan Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Menjelaskan Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Menjelaskan Pelayanan Masyarakat Dalam Administrasi Negara.
4. Menjelaskan Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
5. Menjelaskan Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
6. Menjelaskan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi.
|
Media Massa Dalam Demokratisasi Komunikasi Pembangunan
1. Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Pelayanan Masyarakat Dalam Administrasi Negara.
4. Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
5. Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
6. Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
3. Menguraikan Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
4. Menguraikan Pelayanan Masyarakat Dalam Administrasi Negara.
5. Menguraikan Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
6. Menguraikan Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
7. Menjelaskan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 6
6 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab IV &V
|
Non test
Tugas makalah
Diskusi
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
| |||||||
7
|
Menjelaskan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan
|
Menjelaskan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan
1. Pendidikan Ilmu Komunikasi Pembangunan.
2. Arah dan tujuan pendidikan komunikasi Pembangunan.
Menjelaskan Komunikasi Sumber Daya Manusia
1. Pemberdayaan SDM.
2. Kemanpuan & Kemauan Serta tanggungjawab Pengembangan Dasar Komunikasi Pembangunan.
Menjelaskan Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
1. Analisa Image Masyarakat.
2. Solidaritas Masyarakat.
3. Orientasi harga diri.
4. Rasionalitas wadah Institusi.
5. Monitoring.
6. Diffusi Inovasi.
|
Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan
Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan
1. Pendidikan Ilmu Komunikasi Pembangunan.
2. Arah dan tujuan pendidikan komunikasi Pembangunan.
Komunikasi Sumber Daya Manusia
1. Pemberdayaan SDM.
2. Kemanpuan & Kemauan Serta tanggungjawab Pengembangan Dasar Komunikasi Pembangunan.
Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
1. Analisa Image Masyarakat.
2. Solidaritas Masyarakat.
3. Orientasi harga diri.
4. Rasionalitas wadah Institusi.
5. Monitoring.
6. Diffusi Inovasi
|
Ceramah :
Menjelaskan dan menguraikan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan
1. Pendidikan Ilmu Komunikasi Pembangunan.
2. Arah dan tujuan pendidikan komunikasi Pembangunan.
Menjelaskan dan menguraikan Komunikasi Sumber Daya Manusia
1. Pemberdayaan SDM.
2. Kemanpuan & Kemauan Serta tanggungjawab Pengembangan Dasar Komunikasi Pembangunan.
Menjelaskan dan menguraikan Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
1. Analisa Image Masyarakat.
2. Solidaritas Masyarakat.
3. Orientasi harga diri.
4. Rasionalitas wadah Institusi.
5. Monitoring.
6. Diffusi – Inovasi.
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 7 – 8
6 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VI &VII
|
Non test
Diskusi
|
8.
|
Menguraikan Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan
|
1. Menjelaskan Teknologi Informasi komunikasi pembangunan.
2. MenjelaskanPendidikan;Kesehatan;
3. MenjelaskanPekerjaan;Lingkungan hidup.
4. Menjelaskan Perkembangan Individual.
5. Menjelaskan Pembangunan wilayah.
6. Menjelaskan Informasi Publik.
7. Menjelaskan Digital elektronika Informasi
|
Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan
1. Teknologi Informasi komunikasi pembangunan.
2. Pendidikan;
3. Kesehatan;
4. Pekerjaan;
5. Lingkungan hidup.
6. Perkembangan Individual.
7. Pembangunan wilayah.
8. Informasi Publik.
9. Digital elektronika Informasi
|
1. Ceramah :
2. Menjelaskan Teknologi Informasi komunikasi pembangunan.
3. Menjelaskan Pendidikan;
4. Mendefinisikan Kesehatan;
5. Menjelaskan Pekerjaan;
6. Mendefinisikan Lingkungan hidup.
7. Menjelaskan Perkembangan Individual.
8. Menjelaskan Pembangunan wilayah.
9. Menjelaskan Informasi Publik.
10. Menjelaskan Digital elektronika Informasi
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 9
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
|
Non test
Diskusi
|
9.
|
Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan
|
1. Mendefinisikan Komunikasi Massa
2. Menjelaskan Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan.
3. Menjelaskan komunikasi dan Perencanaan.
4. Menjelaskan komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan.
5. Menjelaskan Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan
|
Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan
1. Komunikasi Massa
2. Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan.
3. komunikasi dan Perencanaan.
4. komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan.
5. Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan.
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Komunikasi Massa
3. Menjelaskan Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan.
4. Menjelaskan komunikasi dan Perencanaan.
5. Menjelaskan komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan.
6. Menjelaskan Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan.
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 10
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VIII
|
Non test
Diskusi
|
10.
|
Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan
|
1. Mendefinisikan Era Tinggal Landas.
2. Menjelaskan Kesenian dalam Kebudayaan Dan Pusat Kekuasaan.
3. Memahami Minoritas Budaya Bangsa.
4. Menjelaskan Fungsi Masyarakat Budaya dala Komunikasi Pembangunan.
|
Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan
1. Era Tinggal Landas.
2. Kesenian dalam Kebudayaan Dan Pusat Kekuasaan.
3. Minoritas Budaya Bangsa.
4. Fungsi Masyarakat Budaya dalam Komunikasi Pembangunan.
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Era Tinggal Landas.
3. Menjelaskan Kesenian dalam Kebudayaan Dan Pusat Kekuasaan.
4. Memahami Minoritas Budaya Bangsa.
5. Menjelaskan Fungsi Masyarakat Budaya dala Komunikasi Pembangunan.
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 11- 12
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
|
Non test
Diskusi
|
11.
|
Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial
|
1. Rekayasa Sosial.
a. Kerancuan Berpikir.
b. Mitos Yang Berkembang.
c. Dimensi Perubahan.
d. Reformasi pembangunan.
2. Perubahaan Sosial.
a. Ideal Sejarah.
b. Kebutuhan dalam Perubahan Sosial.
c. Problem Perubahan Sosial
d. Strategi Perubahan Sosial
e. Aksi Perubahan Sosial
3. Manusia Modern.
a. Ritualisasi Massa.
b. Organisasi Masyarakat.
c. Inovasi Pembangunan
d. Kepribadian Masyarakat membangun.
4. Revolusi Pembangunan (Perubahan Total).
a. Revolusi Masyarakat.
b. Revolusi Pembangunan.
|
Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial
1. Mendefinisikan Rekayasa Sosial.
2. Memahami Perubahaan Sosial.
3. Menjelaskan Manusia Modern.
4. Menjelaskan Revolusi (Perubahan Total).
|
1. Ceramah
2. Mendefinisikan Rekayasa Sosial.
a. Menjelaskan Kerancuan Berpikir.
b. Mitos Yang Berkembang.
c. Dimensi Perubahan.
d. Reformasi pembangunan.
3. Mendefinisikan Perubahaan Sosial.
a. Menjelaskan Ideal Sejarah.
b. Kebutuhan dalam Perubahan Sosial.
c. Problem Perubahan Sosial
d. Strategi Perubahan Sosial
e. Aksi Perubahan Sosial
4. Mendefinisikan Manusia Modern.
a. Menjelaskan Ritualisasi Massa.
b. Organisasi Masyarakat.
c. Inovasi Pembangunan
d. Kepribadian Masyarakat membangun.
5. Mendefinisikan Revolusi Pembangunan (Perubahan Total).
a. Revolusi Masyarakat.
b. Revolusi Pembangunan.
- Memberikan tanya jawab kepada mahasiswa.
Menjawab pertanyaan.
|
Minggu ke 13-14
3 X 50’
|
- P0wer point
- Handout
- LCD
- Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000.
|
Non test
Diskusi
Tugas makalah
|
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
|
Daftar buku/Sumber bacaan
Mata kuliah Komunikasi Organisasi
BUKU WAJIB
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002;
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997;
- Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000
BUKU TAMBAHAN
- Irdam Ahmad dan Ilyas Saad, Kajian Implementasi Kebijakan, Trilogi Pembangunan Di Indonesia; STEKPI; Jakarta;2006
- Depari, Eduard dan Mc Andrew, Collin, 1991. Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan, Gadjah Mada University : Yogyakarta.
- Mas’oed, Mohtar. Ekonomi-Politik Internasional dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.
- Nasution, Zulkarimen. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: CV. Rajawali Pers, 1988.
- Rogers, Everret M. Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis (terj.). Jakarta: LP3ES, 1987.
- Siregar, Amir Effendi. “Komunikasi Pembangunan” kumpulan tulisan yang tidak diterbitkan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, 1987.
- Soedjatmoko. Pembangunan dan Kebebasan. Jakarta: LP3ES, 1985.
- Sumarsono. et.al. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES, 1994
- Tjokrowinoto, Moeljarto. Politik Pembangunan: Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1987.
- Dilla, S. 2007. Komunikasi Pembangunan: Pendekatan Terpadu. Simbiosa. Bandung.
- Levis, L. R. 1996. Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Citra Aditya Bakti. Bandung.
- Nurudin. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia. Rajawali Pers. Jakarta.
- Rogers, E. M (Ed). 1989, Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis. LP3S. Jakarta.
- Rogers, Everett M. dan F. Floyd Shoemaker. Communication of Innovations. Terjemahan Abdillah Hanafi Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Usaha Nasional. Surabaya.
- Rogers, E. M. 2003, Diffusion of Innovations: Fifth Edition. Free Press. New York.
- Beberapa buku, jurnal, dan internet yang relevan
- Nasution, Zulkarimein, 2007, Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya, Edisi Revisi 6. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
PENILAIAN
- Memberikan beberapa pertanyaan kepada beberapa mahasiswa untuk mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan secara lisan.
- Target perkuliahan 50% materi kuliah secara tertulis adalah UTS.
- Target perkuliahan 100% materi kuliah secara tertulis adalah UAS.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN KE -1
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan sebuah daerah untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang pembangunan
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Terminologi komunikasi pembangunan, Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
Indikator :
1. Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
2. Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
Materi Pokok : Terminologi Dan Sistematika Komunikasi Pembangunan
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan.
2. Menjelaskan RPPP dari awal pertemuan sampai akhir (14 x pertemuan).
3. Menjelaskan kontrak kuliah
|
Ceramah
|
10 Menit
|
SILABUS MATA KULIAH/
Power point
LCD
Bahan ajar
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
2. Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
|
Ceramah
|
100 menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab I
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN KE 2
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan sebuah daerah untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang pembangunan
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian konsep dasar awal pembangunan, pembangunan dan awal Pembangunan
Indikator :
1. Pengertian konsep dasar awal pembangunan.
2. Pengertian pembangunan.
3. Paradigma awal pembangunan.
Materi Pokok : Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
SILABUS MATA KULIAH/
Power point
LCD
Bahan Ajar
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab I
|
Non test
|
2
|
Inti
|
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 3
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian konsep dasar awal pembangunan, pembangunan dan awal Pembangunan, tentang pengertian Pendidikan Politik Bangsa, Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan dan Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia
Indikator :
1. Mengambarkan Permasalahan Pembangunan
2. Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan
3. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia
Materi Pokok : Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
SILABUS MATA KULIAH/
Power point
LCD
Bahan Ajar
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab I
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Pengertian Permasalahan Pembangunan.
2. Menjelaskan Pembangunan Politik Indonesia.
3. Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
4. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia.
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 4
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Konsep awal dan Pembangunan, Pembangunan Sebagai Pertumbuhan, Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi dan Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan
Indikator :
1. Penjelasaan Konsep awal dan Pembangunan.
2. Penjelasan Pembangunan Sebagai Pertumbuhan.
3. Penjelasan Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi.
4. Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan
Materi Pokok : Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
SILABUS MATA KULIAH/
Power point
LCD
Bahan Ajar
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab I
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Mendefinisikan Konsep awal dan Pembangunan.
2. Menjelaskan Pembangunan Sebagai Pertumbuhan.
3. Memahami Pembangunan Sebagai Proses Modernisasi.
4. Menjelaskan Pembangunan dan Distribusi Sosial Kemasyarakatan
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan dibidang Komunikasi Dan Pembangunan
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan, Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan, Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan
Indikator :
1. Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan.
Materi Pokok : Komunikasi dan Pembangunan
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab II
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Menjelaskan Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Menjelaskan Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Menjelaskan Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan.
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab III & IV&V
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab III & IV&V
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 6
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan sebuah daerah untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang media massa dalam demokratisasi komunikasi pembangunan
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa, Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia, Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi, Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi, Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan dan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
Indikator :
1. Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
4. Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
5. Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
Materi Pokok : Media massa dalam demokratisasi komunikasi pembangunan
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab III & IV&V
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Menjelaskan Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Menjelaskan Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Menjelaskan Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
4. Menjelaskan Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
5. Menjelaskan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab IV &V
|
Tugas makalah
|
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab IV &V
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 7 dan 8
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan sebuah daerah untuk menentukan serta komunikasi pembangunan dibidang pendidikan, sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan.
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Menjelaskan Komunikasi Sumber Daya Manusia, Mendeskripsikan Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
Indikator :
1. Menjelaskan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan.
2. Menjelaskan Komunikasi Sumber Daya Manusia.
3. Mendeskripsikan Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
Materi Pokok : Komunikasi pembangunan dibidang pendidikan, sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab IV &V
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Menjelaskan Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan
a. Pendidikan Ilmu Komunikasi Pembangunan.
b. Arah dan tujuan pendidikan komunikasi Pembangunan.
2. Menjelaskan Komunikasi Sumber Daya Manusia
a. Pemberdayaan SDM.
b. Kemanpuan & Kemauan Serta tanggungjawab Pengembangan Dasar Komunikasi Pembangunan.
3. Menjelaskan Komunikasi Pengembangan Kelembagaan.
a. Analisa Image Masyarakat.
b. Solidaritas Masyarakat.
c. Orientasi harga diri.
d. Rasionalitas wadah Institusi.
e. Monitoring.
Diffusi – Inovasi
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VI &VII
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VI &VII
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 9
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan sebuah daerah untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan.
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Teknologi Informasi komunikasi pembangunan, Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan, Lingkungan hidup, Perkembangan Individual, Pembangunan wilayah dan Perkembangan Individual.
Indikator :
1. Teknologi Informasi komunikasi pembangunan.
2. Pendidikan;
3. Kesehatan;
4. Pekerjaan;
5. Lingkungan hidup;
6. Perkembangan Individual;
7. Pembangunan wilayah;
8. Informasi Publik;
Materi Pokok : Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan.
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VI &VII
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Menjelaskan Teknologi Informasi komunikasi pembangunan.
2. Menjelaskan Pendidikan;
3. Mendefinisikan Kesehatan;
4. Menjelaskan Pekerjaan;
5. Mendefinisikan Lingkungan hidup.
6. Menjelaskan Perkembangan Individual.
7. Menjelaskan Pembangunan wilayah.
8. Menjelaskan Informasi Publik.
Menjelaskan Digital elektronika Informasi
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 10
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunannan.
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Komunikasi Massa, Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan, Komunikasi dan Perencanaan dan komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan dan Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan.
Indikator :
1. Komunikasi Massa
2. Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan.
3. Komunikasi dan Perencanaan.
4. komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan.
5. Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan
Materi Pokok : Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan.
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
|
Non test
|
2
|
Inti
|
1. Mendefinisikan Komunikasi Massa
2. Menjelaskan Komunikasi Massa dalam Komunikasi Pembangunan.
3. Menjelaskan komunikasi dan Perencanaan.
4. Menjelaskan komunikasi dan Implementasi perencanaan pembangunan.
5. Menjelaskan Monitoring, Evaluasi dan Komunikasi Pembangunan
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VIII
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VIII
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 11 - 12
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan.
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Era Tinggal Landas, Kesenian dalam Kebudayaan Dan Pusat Kekuasaan, Minoritas Budaya Bangsa dan Fungsi Masyarakat Budaya dala Komunikasi Pembangunan.
Indikator :
1. Era Tinggal Landas.
2. Kesenian dalam Kebudayaan Dan Pusat Kekuasaan.
3. Minoritas Budaya Bangsa.
4. Fungsi Masyarakat Budaya dala Komunikasi Pembangunan
Materi Pokok : Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan.
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VIII
|
Non test
|
2
|
Inti
|
4. Menjelaskan Fungsi Masyarakat Budaya dala Komunikasi Pembangunan.
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 13 - 14
Nama Dosen : Nur Dewi Setyowati, S.Sos,.M.Si
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
NIP/NIDN : 0713117602
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Kode mata kuliah : BB 207
Bobot : 3 SKS
Semester :VI
Pertemuan ke/Waktu : 1 s/d 14
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat mengetahui tentang pengetahuan, konsep dan perkembangan dalam Komunikasi pembangunan serta penerapannya dalam pengambilan keputusan untuk menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang menentukan serta melahirkan kebijakan dibidang Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial.
Kompetensi Dasar : Mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang pengertian Mendefinisikan Rekayasa Sosial, Memahami Perubahaan Sosial, Menjelaskan Manusia Modern dan Menjelaskan Revolusi (Perubahan Total).
Indikator :
1. Rekayasa Sosial.
2. Perubahaan Sosial.
3. Manusia Modern.
4. Revolusi (Perubahan Total).
Materi Pokok : Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial.
No
|
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Mengajar
|
Metode
|
Waktu
|
Sumber Belajar /Media
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Pendahuluan
|
Mengevaluasi Pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran sebelumnya.
|
Ceramah
|
10 Menit
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
|
Non test
|
2
|
Inti
|
4. Menjelaskan Revolusi (Perubahan Total).
|
Ceramah
Diskusi
|
100 menit
|
Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000.
| |
3
|
Penutup
|
- Memberikan kesimpulan topik bahasa secara garis besar.
- Mengukur tingkat pemahamannya terhadap materi perkuliahan.
- Memberikan waktu tanya jawab kepada mahasiswa.
|
Ceramah
Diskusi
|
40 Menit
|
Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000.
|
Tugas 5
Penilaian Hasil Belajar
PENILAIAN HASIL BELAJAR
KISI-KISI SOAL
Mata Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan
Semester/bobot : VI/ 3 SKS
Waktu : 90 menit
Jumlah soal : 5
Standar Kompetensi : Mampu menjelaskan tentang pengertian terminologi dan sistematika komunikasi pembangunan, konseptualisasi komunikasi pembangunan, permasalahan pembangunan dan pembangunan politik Indonesia, pembangunan pada masa pembangunan paradigma awal, media massa dalam demokratisasi komunikasi pembangunan.
No
|
Kompetensi Dasar & indikator
|
Pokok Bahasan & sub pokok bahasan
|
Jumlah soal proses berpikir maksimal
|
Jumlah Butir Soal
|
%
| |||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
| |||||
1
|
Mampu menjelaskan menjelaskan pengertian pengertian terminologi dan sistematika komunikasi pembangunan, Indikator :
1. Pengertian Terminologi komunikasi pembangunan.
2. Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
|
Pengertian terminologi dan sistematika komunikasi pembangunan
Sub pokok bahasan :
1. Terminologi komunikasi pembangunan.
2. Sistematika Pembangunan dan Komunikasi Pembangunan
|
ü
|
1
|
10
| |||||
2
|
Mampu menjelaskan konseptualisasi komunikasi pembangunan
Indikator :
3. Menjelaskan Paradigma awal pembangunan
|
konseptualisasi komunikasi pembangunan
Sub pokok bahasan :
1. konsep dasar awal pembangunan.
2. pembangunan.
3. Paradigma awal pembangunan
|
ü
|
1
|
10
| |||||
3
|
Mampu menjelaskan mengenai permasalahan pembangunan dan pembangunan politik Indonesia,
Indikator :
1. Pengertian Permasalahan Pembangunan.
2. Menjelaskan Pembangunan Politik Indonesia.
3. Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
4. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia
|
permasalahan pembangunan dan pembangunan politik Indonesia
Sub pokok bahasan :
1. Pembangunan Politik Indonesia.
2. Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan.
3. Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia
|
ü
|
2
|
20
| |||||
4
|
Mampu menjelaskan pembangunan pada masa pembangunan paradigma awal,
Indikator :
1. Menjelaskan Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Menjelaskan Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Menjelaskan Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
4. Menjelaskan Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
5. Menjelaskan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
|
pembangunan pada masa pembangunan paradigma awal
Sub pokok bahasan :
1. Komunikasi & Informasi Dalam Media Massa.
2. Administrasi Publik Dalam Pers & Demokratisasi Indonesia.
3. Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi.
4. Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.
5. Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi
|
ü
|
3
|
30
| |||||
5
|
Mampu menjelaskan media massa dalam demokratisasi komunikasi pembangunan
Indikator :
1. Menjelaskan Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Menjelaskan Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Menjelaskan Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan.
|
media massa dalam demokratisasi komunikasi pembangunan
Sub pokok bahasan :
1. Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan.
2. Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan.
3. Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan
|
ü
|
3
|
30
|
Soal :
1. Jelaskan terminologi dan sistematika komunikasi pembangunan?
2. Jelaskan konseptualisasi komunikasi pembangunan ?
3. Jelaskan Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan?
4. Uraikan Metofora Politik Bangsa dan Pembangunan Indonesia?
5. Jelaskan Pembangunan Dalam Media Elektronika Telivisi?
6. Jelaskan Informasi Pembangunan Dalam Konsep Komunikasi Masyarakat Pedesaan.?
7. Uraikan Kebudayaan Masyarakat Dalam Informasi Pembangunan Melalui Telivisi?
8. Jelaskan Konsep Teoritis komunikasi Pembangunan?
9. Jelaskan Ilmu Sosial & Modernisasi Pembangunan?
10. Jelaskan Pembangunan komunikasi berbasis Pengetahuan ?
Rubrik Jawaban 1
Level
|
Diskripsi dan Jawaban (Kata kunci : komunikasi pembangunan“as anintegral part of development, and communication as a set of variables instrumental in bringing about development)
|
0
|
Bukan jawaban yang sesuai. Menjawab pertanyaan yang tidak relevan dengan pertanyaan yang diajukan
|
1
|
peran dan fungsi komunikasi (sebagai aktivitas pertukaran pesan secara timbal balik) di antara semua pihak yang terlibat dalam usaha pembangunan, terutama masyarakat dan pemerintaha, sejak dari proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian terhadap pembangunan
|
2
|
Jawaban mahasiswa yang sempurna.
mempelajari sistem komunikasi manusia, seseorang harus memperhatikan beberapa kepercayaan dan asumsi dasar yang dianut suatu masyarakat tentang asal usul manusia, masyarakat dan negara, Strategi pembangunan menentukan strategi komunikasi, maka makna komunikasi pembangunan pun bergantung pada modal atau paradigma pembangunan yang dipilih oleh suatu negara, Kedudukan komunikasi dalam konteks pembangunan adalah “as anintegral part of development, and communication as a set of variables instrumental in bringing about development.
|
Rubrik Jawaban 2
Level
|
Diskripsi dan Jawaban
| ||||||
0
|
Bukan jawaban yang sesuai. Menjawab pertanyaan yang tidak relevan dengan pertanyaan yang diajukan
| ||||||
1
|
Komunikator Pesan Media Komunikan Efek Proses komunikasi pembangunan diawali oleh komunikator yaitu
yang menyususn materi/pemrakarsa
| ||||||
2
|
|
Rubrik Jawaban 3
Level
|
Diskripsi dan Jawaban Etika Politik dalam Komunikasi Pembangunan
|
0
|
Bukan jawaban yang sesuai. Menjawab pertanyaan yang tidak relevan dengan pertanyaan yang diajukan
|
1
|
Menyebarluaskan pesan komunikasi yang bersifat informatif, persuasif, dan instruktif secara sistematik kepada sasaran untuk memperoleh hasil yang optimal.
|
2
|
upaya dan cara serta teknik penyampaian gagasan dan ketrampilan pembangunan yang berasal dari pihak yang memprakarsai pembangunan dan diwujudkan pada masyarakat yang menjadi sasaran dapat memahami, menerima dan berpartisipasi dalam pembangunaMenjembatani ”cultural gap” akibat kemudahan diperolehnya dan kemudahan dioperasionalkannya media massa yang begitu ampuh, yang jika dibiarkan akan merusak nilai-nilai budaya.
|
Pedoman Penilaian :
Komponen Penilaian
| |
|
3
|
|
7
|
Jumlah skor
|
10
|
Tugas 6
Kontrak Kuliah
KONTRAK PERKULIAHAN
1. IDENTITAS
FAKULTAS : ILMU SOCIAL DAN ILMU POLITIK
PROGRAM STUDI : ILMU KOMUNIKASI
MATA KULIAH : KOMUNIKASI SOSIAL DAN PEMBANGUNAN
KODE MATA KULIAH : BB 207
PENGAJAR : NUR DEWI SETYOWATI, S.SOS,.M.SI
SEMESTER / BOBOT : VI / 3 SKS
ALOKASI WAKTU : 3 x 50’x 14 pertemuan
TEMPAT PERTEMUAN :RUANG KULIAH II
STANDART KOPETENSI : Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal ruang lingkup komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan
2. MANFAAT
Dengan mengambil mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan awal komunikasi dalam bingkai system sosial masyarakat, sehingga dapat menyampaikan pesan-pesan komunikasi sosial dan pembangunan, sesuai realitas praktis yang terjadi di lapangan. Pemahaman teori dan konsep komunikasi pembangunan bermanfaat terutama di lingkungan kerja ketika kelak mereka terjun sebagai agen pembaharuan di masyarakat.
3. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas komunikasi sosial dan pembangunan dalam konteks : Terminologi Dan Sistematika Komunikasi Pembangunan, Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan, Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia, Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal, Komunikasi Dan Pembangunan, Media Massa Dalam Demokratisasi Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan, Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan, Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan, Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan, Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial.
SK :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa semester VI program studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka Madiun diharapkan mahasiswa mampu mengenal ruang lingkup komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan dalam proses pembangunan suatu wilayah atau daerah menentukan seorang (Publik Relation, konsultan) komunikan dalam bidang pembangunan. (C4)
|
4. ORGANISASI MATERI
|
14 komunikasi pembangunan (Publik Relation, konsultan) (C4)
|
|
|
5. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pelaksanaan perkuliahan menggunakan:
(1) pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab, yang dilengkapi dengan OHP/LCD/CD;
(2) pendekatan inquiry-discovery yaitu penyelesaian tugas-tugas penyusunan karya tulis tentang pokok-pokok bahasan dan menyajikannya diserta diskusi, dan tugas-tugas yang dapat dikerjakan secara berkelompok.
6. TUGAS-TUGAS
a. Membuat Summary setiap 2 kali tatap muka, batas waktu penyelesaian selama 1 minggu, jadwal antara tanggal 14 sampai 20 Mei 2013
b. Konsekwensi tidak mengumpulkan tugas : maka tidak diperkenankan mengikuti ujian UTS dan harus mengikuti ujian susulan.
c. Informasi Pelaksanaan UTS tanggal 7 -12 Mei 2013 dan pelaksanaan UAS tanggal 6 – 11 Agustus 2013
d. Uraian tugas, Metode pengerjaan
TUGAS (UTS)
1. Buatlah makalah tentang “ ruang lingkup komunikasi pembangunan” dengan sistimatika penulisan sebagai berikut :
Bab I : Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Tujuan
Bab II : Pembahasan
Bab III : Penutup
a. Kesimpulan
b. Saran
c. Batas-batas tugas
2. Aturan penulisan Font Times New Roman, Size 12, Paper Size A4, Top 4, Bottom 3, Left 4, Right 3, Space 1,5, Jumlah Hal. 5-10
(acuan lokasi tempat tinggal anda)
NB : - Dikumpulkan pada waktu ujian UTS
e. Tujuan : Melatih mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dalam proses menerapkannya di masyarakat atau lingkungan kerja dengan harapan mereka menjadi agen pembaru di masyarakat.
f. Ketentuan penyelesaian individu
g. Data yang digunakan ; Tambahkan literatur dari internet dan sertakan bukti browsing
Buku :
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002;
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997;
Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000
7. KRITERIA PENILAIAN
Penilaian hasil atau penguasaan atas materi pembelajaran dilakukan berdasarkan: partisipasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas, penyusunan dan penyajian makalah di kelas, laporan tugas-tugas perkulihan, Ujian Tengah Semester (UTS),dan Ujian Akhir Semester (UAS).
Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
RENTANG NILAI ANGKA
|
NILAI MUTU
|
NILAI ANGKA
|
49 kebawah
|
E
|
0
|
50 – 59
|
D
|
1
|
60 – 69
|
C
|
2
|
70 – 79
|
B
|
3
|
80 keatas
|
A
|
4
|
Dalam menentukan nilai akhir akan menggunakan pembobotan sebagai berikut:
1. Kehadiran : 10%
2. Penugasan : 15%
3. Nilai UTS : 35%
4. Nilai UAS : 40%
8. JADWAL KULIAH
MINGGU
|
POKOK BAHASAN
|
SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN
|
1
|
Terminologi Dan Sistematika Komunikasi Pembangunan,
|
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab I
|
1 PEDOMAN
TUGAS INDIVIDU
TUGAS KKELOMPOK
UTS
UAS
|
2
|
Konseptualisasi Komunikasi Pembangunan,
|
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab I
| |
3
|
Permasalahan Pembangunan Dan Pembangunan Politik Indonesia,
|
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab II &III
| |
4
|
Pembangunan Pada Masa Pembangunan Paradigma Awal, Komunikasi Dan Pembangunan,
|
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab II
| |
5
|
Media Massa Dalam Demokratisasi Komunikasi Pembangunan,
|
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab III & IV&V
| |
6
|
Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan, Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan,
|
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab IV &V
| |
7
|
Komunikasi Pembangunan Dibidang Pendidikan,
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VI &VII
| |
8
|
UTS
| ||
9
|
Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Kelembagaan,
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
|
1 PEDOMAN
TUGAS INDIVIDU
TUGAS KKELOMPOK
UTS
UAS
|
10
|
Teknologi Informasi Dalam Konteks Komunikasi Pembangunan,
|
Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002; bab VII
| |
11
|
Komunikasi Massa Dalam Proses Komunikasi Pembangunan,
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab VIII
| |
12
|
Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan,
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
| |
13
|
Transformasi Budaya Dalam Komunikasi Pembangunan,
|
Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997; bab XI
| |
14
|
Rekayasa Sosial Dalam Proses Perubahan Sosial
|
Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000.
| |
15
|
komunikasi pembangunan sebagai langkah awal penentu sebuah kebijakan dalam proses pembangunan suatu wilayah atau daerah menentukan seorang (Publik Relation, konsultan) komunikan dalam didang pembangunan
| ||
16
|
UAS
|
9. BAHAN PUSTAKA / REFERENSI
BUKU WAJIB
- Zulkarien Nasution, komunikasi Pembangunan, Pengenalan teori dan penerapannya. Edisi revisi;Raja Grafindo Persada; Jakarta;2002;
- Redi Panuju, Titik Rawan Komunikasi Pembangunan; UP2M FITKOM Unitomo;SBY; 1997;
- Jalaluddin Rakhmat, Rekayasa Sosial; Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar?; Rosdakarya; Bandung; Edisi Revisi:2000
BUKU ANJURAN
- Irdam Ahmad dan Ilyas Saad, Kajian Implementasi Kebijakan, Trilogi Pembangunan Di Indonesia; STEKPI; Jakarta;2006
- Depari, Eduard dan Mc Andrew, Collin, 1991. Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan, Gadjah Mada University : Yogyakarta.
- Mas’oed, Mohtar. Ekonomi-Politik Internasional dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.
- Nasution, Zulkarimen. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Jakarta: CV. Rajawali Pers, 1988.
- Rogers, Everret M. Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis (terj.). Jakarta: LP3ES, 1987.
- Siregar, Amir Effendi. “Komunikasi Pembangunan” kumpulan tulisan yang tidak diterbitkan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, 1987.
- Soedjatmoko. Pembangunan dan Kebebasan. Jakarta: LP3ES, 1985.
- Sumarsono. et.al. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES, 1994
- Tjokrowinoto, Moeljarto. Politik Pembangunan: Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1987.
- Dilla, S. 2007. Komunikasi Pembangunan: Pendekatan Terpadu. Simbiosa. Bandung.
- Levis, L. R. 1996. Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Citra Aditya Bakti. Bandung.
- Nurudin. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia. Rajawali Pers. Jakarta.
- Rogers, E. M (Ed). 1989, Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis. LP3S. Jakarta.
- Rogers, Everett M. dan F. Floyd Shoemaker. Communication of Innovations. Terjemahan Abdillah Hanafi Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Usaha Nasional. Surabaya.
- Rogers, E. M. 2003, Diffusion of Innovations: Fifth Edition. Free Press. New York.
- Beberapa buku, jurnal, dan internet yang relevan
- Nasution, Zulkarimein, 2007, Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya, Edisi Revisi 6. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar